Sebanyak 50 unit rumah warga di Desa Lhok Raya, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan terendam banjir dengan ketinggian mencapai 50 sentimeter.

“Kedalaman air di perkampung lebih kurang 50 sentimeter,” kata Kapolres Aceh Selatan AKBP Ardanto Nugroho diwakili Kapolsek Trumon Ipda Adrizal yang dihubungi ANTARA dari Meulaboh Selasa malam.

Menurutnya, bencana alam tersebut terjadi setelah kawasan ini dilanda hujan lebat sejak beberapa hari terakhir, sehingga menyebabkan aliran sungai di daerah tersebut meluap ke pemukiman warga.

Meski sudah menggenangi pemukiman, kata Adrizal, masyarakat di daerah ini masih memilik bertahan di rumah masing-masing dan belum mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Selain itu, banjir juga menerjang Desa Cot Bayu, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan dengan ketinggian air mencapai sekitar 80 sentimeter.

Namun, kata Ipda Adrizal, banjir yang melanda desa ini belum memasuki perkampungan warga, namun merendam ruas jalan menuju ke desa setempat.

Akibat bencana alam tersebut, akses masyarakat termasuk siswa yang akan berangkat ke sekolah ikut terganggu.

Guna mengatasi gangguan transportasi, pihaknya bersama TNI sebanyak satu unit perahu karet milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Selatan juga sudah dioperasikan di lokasi ini, guna membantu masyarakat yang terdampak banjir.

Ipda Adrizal mengakui pihaknya bersama Danramil 09 Kapten Inf Endang R, Camat Trumon Tengah Tahta Amrullah, serta Kepala Damkar Trumon Fadhlan serta aparat desa masih terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat, agar tidak panik menghadapi bencana banjir yang melanda daerah ini.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020