Sebanyak lima unit rumah toko (ruko) di Kedai Runding Kecamatan Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan Provinsi Aceh pada Sabtu dini hari sekitar pukul 04.15 WIB musnah terbakar.

Akibatnya, belasan warga di daerah tersebut terpaksa kehilangan tempat tinggal setelah rumah yang selama ini ditempati hangus dan rusak parah.

“Musibah kebakaran ini terjadi saat warga sedang tertidur,” kata Petugas Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Haslinda Juwita dalam keterangan tertulis, Sabtu.

Ada pun warga yang menjadi korban kebakaran tersebut masing-masing Hasnibar (45), Zuhdi (32), Muhammad Nasib (31), Adi Muktar (53) serta Fauzi (43).

Haslinda Juwita mengatakan berdasarkan keterangan sementara yang diperoleh di lokasi kejadian oleh petugas Pusat Pengendalian Operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, diduga musibah ini terjadi akibat korslet arus listrik.

Sementara itu Camat Kluet Selatan Kabupaten Aceh Selatan Provinsi Aceh Muriadi yang dihubungi dari Meulaboh, Sabtu sore mengatakan guna membantu meringankan musibah masyarakat di daerah ini, pemerintah daerah setempat sudah menyalurkan bantuan masa panik kepada masyarakat terdampak musibah.

Bantuan yang sudah disalurkan tersebut masing-masing berupa bahan pangan, selimut, serta aneka bantuan masa panik.

“Kami juga sudah mendirikan posko bantuan di sekitar lokasi kejadian, dengan harapan para korban mendapatkan bantuan dari masyarakat yang bersimpati,” kata Muriadi.

Ia mengakui jumlah masyarakat yang terdampak musibah tersebut mencapai 19 jiwa dan hingga Sabtu sore masyarakat mengungsi ke rumah tetangga atau sanak saudara terdekat, tuturnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021