Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Banda Aceh Farid Nyak Umar meminta para guru untuk membuat pelajar ceria selama berlangsungnya sekolah tatap muka agar imunitas mereka tatap terjaga. 

"Para siswa harus dibuat ceria sehingga imunitas mereka meningkatkan, ini yang kita minta kepada guru-guru di sekolah," kata Farid Nyak Umar saat mengisi podcast Antara, di Banda Aceh, Rabu. 

Farid mengatakan, akibat pandemi COVID-19 pada awal Maret 2020 lalu, banyak pelajar kehilangan semangat karena terus-terusan di rumah. Karena itu sudah menjadi kewajiban guru mengembalikan semangat mereka. 

Menurut Farid, salah satu cara mengembalikan semangat mereka itu dengan tidak memberikan tugas berat yang bisa membebani para pelajar. Artinya jangan sampai siswa terbeban di tengah kondisi yang tidak normal saat ini. 

"Semangat siswa harus dikembalikan seperti semula, jangan diberikan tugas berat karena itu akan membebani mereka," ujarnya. 

Farid menyampaikan, di tengah pandemi ini para guru lebih baik mengajarkan siswa tentang bagaimana penerapan protokol kesehatan, serta pemahaman mengenai virus corona. 

"Lebih efektif seorang guru memberikan pelajaran bagaimana agar mereka paham COVID-19 dan prokes, biar siswa juga selalu ceria," kata politikus PKS itu. 

Selain itu, Farid juga menuturkan bahwa pihaknya bersama eksekutif selalu melakukan pengawasan terhadap penerapan protokol kesehatan di sekolah. Jika terdapat sekolah yang melanggar maka akan diberikan sanksi. 

"Bagi sekolah yang tidak serius menerapkan protokol kesehatan akan diberikan sanksi. Karenanya kepala sekolah harus tegas menerapkan ini," demikian ujar Farid.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021