Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Aceh melaporkan penambahan 11 warga provinsi paling barat Indonesia itu yang dilaporkan terinfeksi virus corona per hari ini, sehingga totalnya telah mencapai 9.002 orang.

Juru Bicara COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani di Banda Aceh, Kamis, mengatakan konfirmasi kasus positif baru itu paling banyak berasal dari Kota Banda Aceh sembilan orang, serta masing-masing satu orang warga asal Kabupaten Nagan Raya dan Aceh Singkil.

"Hari ini konfirmasi kasus baru COVID-19 bertambah sebanyak 11 orang, sedangkan pasien yang sembuh hanya bertambah satu orang yaitu warga Kabupaten Pidie," kata Saifullah.

Jubir yang akrab disapa SAG itu melanjutkan per hari ini tidak ada pasien positif virus corona yang masih dalam penanganan medis dilaporkan meninggal dunia.

Namun, secara keseluruhan kasus COVID-19 di Aceh telah mencapai 9.002 orang, di antaranya 7.689 orang telah sembuh, 944 orang masih dalam perawatan atau isolasi mandiri serta 369 orang telah meninggal dunia.

SAG menjelaskan penularan virus yang menyerang paru-paru manusia tersebut masih terus terjadi di tengah masyarakat Tanah Rencong. Hal itu terlihat dari laporan harian Satgas COVID-19 kabupaten/kota.

Kata dia, potensi peningkatan kasus baru bukan hanya di ibukota Banda Aceh, tetapi juga terhadap 18 kabupaten/kota lainnya yang merupakan daerah resiko sedang atau zona oranye penyebaran virus corona.

Bahkan, lanjut dia, daerah dengan risiko rendah atau zona kuning seperti Kabupaten Aceh Barat Daya, Bireuen, Aceh Timur, dan Aceh Tenggara juga belum benar-benar aman dari ancaman virus corona.

"Selama pandemi belum berakhir, semua kalangan dihimbau menghindari kerumunan di tempat-tempat umum, menjaga jarak, mamakai masker dan mencuci tangan sesering mungkin dengan memakai sabun adalah keniscayaan dalam masa pandemi ini," katanya.

Jangan pernah bosan dengan anjuran protokol kesehatan, karena upaya 3M itu  murah dan sederhana tapi efektif melindungi diri, keluarga, dan masyarakat lain di sekitar kita dari ancaman infeksi virus corona, katanya lagi.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021