Gubernur Aceh Nova Iriansyah berkomitmen mendukung penuh pelaksanaan Pekan Olahraga Aceh (PORA) ke XIV tahun 2022 yang akan berlangsung di Kabupaten Pidie.

“Pemerintah provinsi Aceh siap membantu pembangunan sejumlah infrastruktur yang akan menjadi pusat pertandingan untuk kegiatan empat tahunan ini,” kata Nova Iriansyah di Pidie, Sabtu.

Pernyataan itu disampaikan usai mendengarkan pemaparan dari Wakil Bupati dan Kepala Dinas Perkim Pidie, terkait rencana pembangunan sejumlah venue pertandingan PORA ke XIV, di Pendopo Bupati Pidie.

Ia menjelaskan pembangunan sarana dan prasarana untuk PORA di Pidie memang perlu dimaksimalkan seiring Aceh juga akan menjadi tuan rumah PON 2024.

Ia mengatakan sarana PORA tersebut akan dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk berbagai ajang pertandingan, termasuk PON 2024 nantinya.

“Ketika pembangunan ini kita lakukan dengan kerja keras, maka kehadiran infrastruktur olahraga baru di Pidie harus menumbuhkan semangat berolahraga dan menarik minat berwisata masyarakat,” kata Nova menambahkan.

Nova meminta jajaran Pemkab Pidie dan KONI setempat untuk mengkonsolidasikan sumber anggaran terlebih dahulu.

Ia mengatakan, pembangunan tersebut akan begitu berat jika hanya dibebani pada Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA).

“Kemungkinan juga ada peran swasta, BUMN, Pemerintah Pusat atau ada sumbangan dari asosiasi usaha tertentu. Dengan demikian biaya untuk pembangunan akan lebih terbantu,” kata Nova menerangkan.

Pihaknya juga siap untuk membangun komunikasi dengan BUMD dan Kementerian terkait, agar mereka bisa memasukkan salah satu venue pertandingan PORA Pidie sebagai salah satu program pembangunannya.

Wakil Bupati Pidie, Fadhlullah TM Daud, berharap dukungan penuh dari Gubernur Aceh untuk pembangunan sejumlah venue pertandingan PORA yang akan diselenggarakan di daerah tersebut.

Fadhlullah mengatakan, visi Pemkab Pidie tidak hanya sebatas pembangunan sarana untuk pertandingan PORA, tetapi dapat memanfaatkan sarana prasarana tersebut secara berkelanjutan.

 

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021