Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Samsi Barmi menyatakan total usulan anggaran Pilkada 20211 di Aceh Barat oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) setempat mencapai Rp61 miliar lebih.

“Dari total anggaran Rp61 miliar, untuk sementara anggaran yang kita setujui dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) Tahun 2021 sebesar Rp2 miliar,” kata Ketua DPRK Aceh Barat Samsi Barmi di Meulaboh, Rabu.

Samsi Barmi menegaskan, usulan anggaran sebesar Rp61 miliar lebih dari KIP Aceh Barat, berdasarkan perkiraan jumlah pasangan calon yang akan maju di Pilkada Aceh Barat mencapai delapan pasangan calon.

Dari jumlah fraksi yang ada di DPRK Aceh Barat saat ini, sebanyak empat fraksi diperkirakan bisa mengusung calon sendiri diantaranya yaitu Fraksi Partai Aceh (F-PA), Fraksi Partai Golongan Karya (F-Golkar), Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN), Fraksi Gerakan Indonesia Raya (F-Gerindra), serta Fraksi Gabungan yang diperkirakan akan mengusung calon dari gabungan partai.

Sedangkan untuk calon yang maju dari jalur independen, kata Samsi Barmi, diperkirakan oleh KIP Aceh Barat mencapai tiga pasang calon.

“Makanya kebutuhan anggaran diusulkan sebesar Rp60 miliar, tapi nanti jika jumlah pasangan calon lebih sedikit, maka kemungkinan jumlah alokasi anggaran juga akan berkurang,” demikian Samsi Barmi.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021