Pemerintah Aceh Besar berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat di gampong/desa yakni ketersediaan air minum dan sanitasi dalam upaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

“Pemerintah Aceh Besar terus berupaya memenuhi kebutuhan dasar bagi masyarakat yang mengalami kendala terhadap ketersediaan air minum dan sanitasi,” kata Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali di Gampong Layeen, Aceh Besar, Kamis.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meresmikan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) III Gampong Layeen Kecamatan Leupung. Sarana tersebut nantinya akan dikelola oleh kelompok di gampong guna  keberlanjutan ketersediaan air minum.

“Saya minta masyarakat dan kelompok pengelola fasilitas ini dapat menjaga dengan baik sehingga ketersediaan air minum terus berlanjut seiring adanya program ini,” katanya.

Mawardi Ali menjelaskan pihaknya terus berupaya menghadirkan sarana air minum dan sanitasi yang merupakan kebutuhan dasar melalui berbagai skema termasuk melalui Pamsimas.

“Pemerintah kabupaten Aceh Besar bekerja sama dengan PUPR dan ikut mengalokasikan anggaran untuk memenuhi ketersediaan air minum seperti yang dinikmati 800 warga di Layeun Kecamatan Leupung,” katanya.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada semua pihak terutama masyarakat yang telah bersama-sama menyukseskan pembangunan ini. Semoga apa yang telah dibangun ini dapat memberi manfaat secara berkelanjutan,” katanya.

Ia mengatakan pihaknya juga akan memantau dan juga ikut membina agar fasilitas yang telah dikerjakan tersebut berlanjut dan memberi manfaat kepada warga sekitar.

Ia menambahkan pada tahun 2021 ada 15 gampong di kabupaten itu yang akan menikmati ketersediaan air minum melalui program Pamsimas tersebut.

Ada pun 15 gampong tersebut diantaranya Cot Kareng, Banda Aceh Safa, Durung, Bayu Cureh dan Leupung Baleu.

Satker Pengembangan Sarana Pengelolaan Air Minum  Aceh Ibnu Sina mengatakan dengan diresmikannya air bersih dan sanitasi, akan sangat berdampak dalam kehidupan warga, termasuk di Layeun.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala Bappeda Aceh Besar Rahmawati SPd, Plt Kadis PUPR Aceh Besar Syahrial Amanullah, Kadishub Aceh Besar Azhari SE, anggota DPRK Dapil II, Muspika Leupueng dan tokoh  masyarakat setempat.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021