Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah mengajak para camat di seluruh provinsi tersebut untuk ikut serta menyukseskan program vaksin dengan gencar mensosialisasikan kepada masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

 

“Kesuksesan vaksinasi COVID-19 akan sangat dipengaruhi oleh informasi dan pemahaman yang didapatkan masyarakat. Jika masyarakat terpengaruh informasi hoax yang berkembang liar di sosial media, maka vaksinasi berpeluang sulit diselesaikan tepat waktu,” kata Taqwallah di Banda Aceh, Selasa.

 

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela pertemuan dengan sebanyak 289 camat dari 23 Kabupaten / Kota se-Aceh guna memaparkan buku kerja terkait isu penanganan COVID-19, penyaluran dana desa, penyelesaian batas gampong dan pelaksanaan BEREH di kantor Camat masing-masing. 

 

Ia menjelaskan peran Camat sangat dibutuhkan dalam upaya penanggulangan virus tersebut, di mana saat ini pemerintah sedang menggencarkan vaksinasi COVID-19 yang membutuhkan dukungan berbagai pihak, untuk menyukseskan program tersebut.

 

“Para Camat bisa membantu mensosialisasikan program vaksinasi, sehingga masyarakat akan siap jika tiba waktunya vaksinasi bagi mereka,” kata Sekda.

 

Sekda juga mengapresiasi kontribusi yang diberikan para Camat  dalam upaya penanggulangan bersama COVID-19 di seluruh kabupaten kota di Aceh. 

 

Sekda menyebut contoh kontribusi Camat dalam penanganan COVID-19 yaitu ketika membantu menyukseskan Gebrak Masker Aceh (GEMA) yang diluncurkan Pemerintah Aceh pada September tahun lalu.

 

Selain itu juga terkait Gerakan Aceh Mandiri Pangan atau GAMPANG untuk mengantisipasi dampak terhadap ketersediaan bahan pangan akibat pandemi, Gerakan Nakes Cegah covid-19 atau GENCAR. 

 

“Dukungan Anda semua sangat berharga dan Pemerintah Aceh mengucapkan terima kasih untuk itu,” kata Sekda.

 

 

Selain itu, Sekda Aceh juga mengucapkan terima kasih atas dukungan para Camat dalam membantu Keuchik di seluruh Aceh terkait pencairan Dana Desa. 

 

Sekda berpesan agar camat dapat terus menjalankan tugas dengan bersih di setiap kecamatan yang dipimpin, demi mewujudkan pelayanan terbaik bagi segenap warga negara.

 

 

Sekda Aceh juga mengingatkan para Camat untuk menjadi teladan yang baik dan mampu mengayomi para keuchik dan warga di tiap kecamatan. 

 

“Saya juga minta para camat dapat menerapkan gerakan BEREH di lingkungan kantor Camat. BEREH adalah akronim dari bersih, estetis, rapi dan hijau.

Penerapan BEREH di lingkungan kerja aparatur sipil negara,”kata Sekda.

Pewarta: M Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021