Tiga unit rumah toko (ruko) di Jalan Perdagangan Kota Sabang, Provinsi Aceh hangus terbakar pada Rabu (17/2) pagi, tiga unit mobil pemadam kebakaran (damkar) dikerahkan untuk menjinakkan aksi si jago merah.

Api diduga berasal dari bagian belakang toko Sejiwa milik Lien Auchin (60), dengan cepat menyambar bagian depan toko hingga menjalar ke dua toko sebelahnya yang merupakan gudang penyimpanan barang milik toko Sejiwa dan toko Melati milik Rismini (39).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Muhammad Amin mengatakan kebakaran diketahui terjadi sekitar pukul 09.40 WIB di toko Sejiwa, yang diduga akibat arus pendek listrik.

"Api mulai terlihat dari ruang belakang toko Sejiwa, tidak diketahui pasti penyebab kebakaran namun, dugaan kuat akibat arus pendek listrik," kata Muhammad Amin.

Petugas mengerahkan tiga unit damkar untuk memadamkan api, yakni masing-masing damkar milik BPKS, Lanudal dan damkar milik Bandara Maimun Saleh serta sejumlah mobil tangki air untuk mensuplai dari sumber air ke mobil damkar.
Tiga toko ludes terbakar di Jalan Perdagangan Kota Sabang, Rabu (17/2/2021). (ANTARA/HO)


"Tim pemadam kebakaran Kota Sabang dibantu oleh sejumlah armada kebakaran milik BPKS, Lanudal Sabang, Bandara Maimun Saleh Sabang, Kodim 0112/Sabang, PDAM dan mobil tangki air milik masyarakat ikut membantu proses pemadaman api," katanya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Bagian Operasional Kepolisian Resort Kota Sabang AKP Anton Praptono bahwa pihaknya juga belum mengetahui pasti penyebab peristiwa kebakaran tersebut.

"Penyebab terjadinya kebakaran masih belum diketahui, untuk kejelasannya kita menunggu proses penyelidikan tim investigasi Satreskrim Polres Sabang," katanya.

Polisi juga melakukan rekayasa lalu lintas saat terjadinya peristiwa kebakaran guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami juga memasang police line agar menjauhkan warga yang melihat kebakaran karena akan sangat berbahaya," katanya.

Ia berharap ke depannya seluruh toko diwajibkan menyediakan alat pemadam seperti alat pemadam api ringan (APAR) dan hydrant yang berfungsi untuk memudahkan sumber air jika terjadi kebakaran.

Untuk kerugian yang dialami toko Sejiwa dan Melati akibat kebakaran itu ditaksir mencapai ratusan juta rupiah, mengingat banyak barang di dalam kedua toko dan gudang grosir tersebut tidak sempat diselamatkan.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021