Seluas dua hektare lahan kebun milik masyarakat di Desa Lamie Kecamatan Darul Makmur Kabupaten Nagan Raya hingga Kamis (18/2) malam masih sulit dipadamkan.

“Diduga penyebab kebakaran lahan gambut ini akibat cuaca panas,” kata Petugas Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Haslinda Juwita dalam keterangannya, Kamis malam.

Menurutnya, kebakaran lahan gambut milik masyarakat di Kabupaten Nagan Raya sudah terjadi sejak Rabu (17/2) lalu.

Sejumlah petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya bersama TNI, Polri dan masyarakat dikerahkan ke lokasi kebakaran guna memadamkan api.

Namun karena ketiadaan sumber air di lokasi kejadian, menyebabkan upaya pemadaman yang dilakukan petugas dan masyarakat juga terkendala.

“Upaya pemadaman terpaksa dilakukan dengan cara manual menggunakan ranting kayu di sekitar lokasi kejadian, dikarenakan tidak adanya sumber air di titik lokasi kebakaran,” kata Haslina Juwita.

Ia juga menginformasikan armada pemadam kebakaran milik BPBD Nagan Raya yang dikerahkan ke lokasi juga tidak bisa melakukan upaya pemadaman, karena akses jalan tidak bisa dilalui kendaraan.

“Sampai saat ini api masih padam,” tulisnya.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021