Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh pada tahun 2021 ini, menargetkan akan melakukan penanaman 500 hektare jagung guna meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Penanaman hektare jagung ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, ditengah pandemi saat ini," kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Nagan Raya Muhammad Nasir di Suka Makmue belum lama ini.

Menurutnya, target penanaman 500 hektare jagung tersebut, sebagai upaya pemerintah daerah dalam meningkatkan ketahanan pangan masyarakat khususnya petani.

Selain itu, penanaman jagung tersebut bertujuan untuk meningkatkan stok jagung di masyarakat, sebagai salah satu komoditas hasil pertanian untuk kebutuhan konsumsi harian rumah tangga.

Selain ditanami di lahan masyarakat, kata M Nasir, jagung tersebut akan ditanami di calon lahan replanting kelapa sawit.

Pihaknya menargetkan produksi panen jagung pada tahun 2021 ini mencapai antara tiga hingga empat ton per hektare.

Ia juga mengakui selain digunakan untuk konsumsi rumah tangga, jagung hasil panen milik petani di Nagan Raya selama ini juga dikirim ke Medan, Sumatera Utara, sebagai salah satu bakan baku pakan ternak ayam, demikian M Nasir.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021