Jumlah penerima bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial di Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh pada tahun 2021 berkurang menjadi 6.579 keluarga penerima manfaat (KPM).

Pada tahun 2020 lalu, jumlah penerima bantuan sosial tersebut mencapai 8.128 keluarga penerima manfaat (KPM).

“Berkurangnya penerima bantuan sosial PKH di Kabupaten Nagan Raya ini disebabkan adanya graduasi mandiri. Artinya, para penerima sebelumnya sudah mandiri secara ekonomi maupun secara alami,” kata Koordinator Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Nagan Raya Aceh Fathurrahman di Suka Makmue, Rabu.

Menurutnya, graduasi alami peserta penerima PKH di Kabupaten Nagan Raya tersebut disebabkan para penerima tellah memiliki komponen pendidikan, keksehatan, serta kesejahteraan sosial.

Baca juga: 2.400 penerima dana PKH di Nagan Raya Aceh dicoret

Ia menjelaskan pada Januari 2021 lalu, Kementerian Sosial Republik Indonesia sudah menyalurkan bantuan sosial kepada 6.579 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Nagan Raya.

Jumlah bantuan yang disalurkan kepada ribuan penerimaan manfaat tersebut, kata dia, mencapai Rp4,8 miliar.

Sedangkan penyaluran jadwal tahap kedua, kata Fathurrahman direncanakan akan dicairkan oleh pemerintah pada bulan April 2021 mendatang.

Baca juga: Sebanyak 3.500 warga penerima PKH di Nagan Raya mundur

“Kita berharap penyaluran bansos kepada peserta Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Nagan Raya ini berjalan lancar, dan kami pastikan penerima adalah masyarakat yang berhak menerima bantuan dari pemerintah,” kata Fathurrahman menegaskan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021