Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Aceh Timur mengatakan vaksinasi atau penyuntikan vaksin COVID-19 tahap pertama kepada tenaga kesehatan di kabupaten itu sudah mencapai 94 persen dari 4.139 orang.

“Capaian 94 persen itu angka yang sangat baik karena Provinsi Aceh menargetkan 75 persen," kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Aceh Timur Edy Gunawan di Idi, ibu kota Kabupaten Aceh Timur, Kamis. 

Edy Gunawan mengatakan jumlah tenaga kesehatan yang mendapat vaksinasi vaksin COVID-19 di Kabupaten Aceh Timur sebanyak 4.139 orang. Dan yang sudah menjalani penyuntikan vaksi COVID-19 mencapai 3.454 orang.

Meskipun sudah terealisasi 94 persen, kata Edy Gunawan, namun masih ada capaian penyuntikan vaksin COVID-19 di dua puskesmas yang masih di bawah 75 persen. Dua fasilitas kesehatan tersebut yakni Puskesmas Peunaron dan Puskesmas Peureulak.

"Ada beberapa faktor capaian vaksinasi vaksin COVID-19 di dua puskesmas itu di bawah 75 persen karena komorbiditas atau penyakit penyerta dan ada juga masih ragu-ragu menjalani vaksinasi," kata Edy Gunawan.

Menyangkut ketersediaan vaksin COVID-19 di Aceh Timur, Edy Gunawan mengatakan masih terbatas. Sebab, vaksin COVID-19 produksi Sinovac tersebut dikirim bertahap.

"Ada kekurangan vaksin COVID-19 tahap pertama mencapai 154 vial. Kami masih menunggu kiriman tahap kedua untuk vaksinasi tenaga kesehatan maupun pejabat publik,"kata Edy Gunawan.

Sementara itu, Bupati Aceh Timur Hasballah HM Thaib mengapresiasi seluruh unsur forum koordinasi pimpinan daerah telah menyukseskan program vaksinasi COVID-19, sehingga kegiatan vaksinasi di kabupaten tersebut sudah mencapai 94 persen. 

"Kami ucapkan terima kasih kepada vaksinator yang telah melaksanakan vaksinasi baik tahap pertama maupun tahap kedua. Mudah-mudahan pejabat publik dan tenaga kesehatan yang telah disuntik vaksin tidak ada bermasalah," kata Hasballah HM Thaib.

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021