Bupati Kabupaten Aceh Tengah Shabela Abubakar memberikan dua penghargaan inovasi daerah kepada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) setempat dalam acara peluncuran inovasi daerah Aceh Tengah di Takengon, Kamis.

"Kami bersyukur inisiatif meningkatkan pelayanan dalam bentuk inovasi diapresiasi oleh pimpinan daerah," kata Kepala Disdukcapil Aceh Tengah Mustafa Kamal.

Penghargaan yang diterima itu setelah melewati hasil evaluasi dan penilaian oleh Puslatbang KHAN LAN RI, meliputi penghargaan inovasi aplikasi pendaftaran online Dukcapil Kita dan penghargaa layanan Pil Dahaga atau Dukcapil Datangi Rumah Warga.

Menurut dia, inovasi berupa aplikasi pendaftaran online Dukcapil Kita memang dirasakan sangat membantu masyarakat, karena bisa mengajukan permohonan administrasi kependudukan tanpa harus datang langsung ke kantor Disdukcapil.

"Layanan online ini dapat dilakukan di manapun dan kapan pun selagi ada akses internet sehingga memudahkan, terlebih dalam upaya pencegahan COVID-19 yang mengharuskan adanya pembatasan jarak atau kerumunan masyarakat," katanya.

Sementara inovasi layanan Pil Dahaga, kata Mustafa Kamal, juga memberikan kemudahan bagi warga khususnya terhadap mereka yang sedang mengalami musibah seperti kebakaran atau bencana alam lainnya, atau disabilitas dan orang sakit yang membutuhkan dokumen kependudukan.

"Maka petugas Disdukcapil melakukan koordinasi dan melakukan perekaman hingga menerbitkan dokumen kependudukan masyarakat tanpa harus datang ke kantor Disdukcapil," katanya.

"Dua inovasi tersebut merupakan bagian dari sejumlah inovasi lain yang sedang kami jalankan, tentunya apresiasi yang diberikan semakin memotivasi segenap jajaran Disdukcapil, dan kami juga berterima kasih kepada masyarakat atas kepercayaan dan berbagai masukan untuk meningkatkan layanan Adminduk," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengharapkan agar seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) untuk dapat berinovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan komitmen masing-masing, dan terus berkoodinasi dengan Bappeda Aceh Tengah.

Selain itu, Shabela juga mengapresiasi segenap OPD dan seluruh pihak serta masyarakat Aceh Tengah atas terpilihnya Aceh Tengah sebagai Kabupaten Paling Inovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) pada 2020.

"Inovasi harus terus dilakukan oleh seluruh OPD untuk menjawab kebutuhan masyarakat, kami ingatkan segenap pimpinan OPD bahwa kemampuan berinovasi menjadi indikator penilaian baik buruknya kinerja OPD," katanya.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021