Tentara Nasional Indonesia (TNI) di jajaran Kodim 0116 Nagan Raya Aceh kini terus meningkatkan pengawasan terhadap pendistribusian bantuan kepada seluruh petani di daerah itu, guna mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari pemerintah.

“Sesuai intruksi panglima TNI, kami siap mendukung pemulihan ekonomi nasional khususnya di bidang swasembada pangan dan ketahanan pangan,” kata Dandim 0116 Nagan Raya Letkol Inf Guruh Tjahyono di Suka  Makmue, Sabtu.

Menurutnya, salah satu upaya yang dilakukan TNI terhadap dukungan program tersebut yaitu dengan melakukan pendampingan terhadap pendistribusian bantuan oleh pemerintah daerah, kepada seluruh kelompok tani yang tersebar di seluruh desa di daerah tersebut.

Selain itu, TNI melalui bintara pembina desa (Babinsa) juga melakukan pengawasan terhadap sasaran calon penerima bantuan, sehingga memastikan seluruh bantuan pemerintah kepada masyarakat tercapai sesuai kebutuhan penerima manfaat.

“Misalnya ada petani yang membutuhkan bantuan benih padi atau pupuk, juga kita bantu penyampaiannya ke pemerintah daerah, dengan harapan agar dapat ditindaklanjuti,” kata Dandim Guruh Tjahyono.

Ia juga menegaskan khusus dalam program ketahanan pangan, TNI saat ini selalu membantu pemerintah daerah dalam mendampingi penyuluhan pertanian kepada masyarakat oleh petugas penyuluh lapangan.

Hal ini dimaksudkan agar pendampingan yang dilakukan TNI, dapat memastikan seluruh program pemerintah berjalan dan tepat sasaran hingga ke pelosok pedesaan.

“Jadi, setiap ada kegiatan penyuluhan pertanian dan pendistribusian bantuan, TNI selalu membantu melakukan pendampingan dan pengawasan. Tujuannya agar bantuan kepada petani dari pemerintah diterima secara tepat sesuai kebutuhan yang diusulkan,” katanya menegaskan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021