Pemerintah Kabupaten Aceh Barat kini mulai membentuk tim untuk melakukan pemeriksaan, terkait dugaan pencemaran lingkungan akibat tumpahan batu bara di sepanjang pesisir pantai setempat termasuk paparan debu.

"Tim yang kita bentuk ini, bertujuan untuk memastikan penyebab pencemaran lingkungan yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat di wilayah pesisir," kata Bupati Aceh Barat Ramli MS di Meulaboh, Senin.

Menurutnya, tim yang saat ini sedang dibentuk tersebut terdiri dari unsur pemerintah daerah, Polri, kejaksaan, TNI, LSM, serta pihak perusahaan tambang batu bara.

Kata Ramli MS, tim tersebut nantinya akan bekerja untuk menelusuri penyebab terjadinya dugaan pencemaran lingkungan akibat tumpahan material batu bara ke laut Aceh Barat.

Tidak hanya itu, tim tersebut juga akan memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah, guna mencari solusi agar persoalan limbah akibat batu bara segera mendapatkan solusi terbaik.

"Jadi, tim yang kita bentuk ini nantinya bisa menjawab keluhan masyarakat nelayan, sehingga mereka tidak lagi dirugikan akibat limbah batu bara," kata Ramli MS menambahkan.

Ia juga menegaskan, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat tetap akan memfokuskan penyelesaian masalah limbah batu bara, sehingga diharapkan masyarakat nelayan bisa kembali beraktivitas guna mencari ikan di laut, tuturnya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021