Gubernur Aceh Nova Iriansyah menghadiri puncak acara peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Provinsi Aceh pada 2021 di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah.

Nova mengatakan bahwa sampah tidak bisa dianggap persoalan sepele, sebab itu dia meminta semua pihak dapat memberikan perhatian terhadap penanganan sampah di setiap daerah.

"Penanganan sampah harus menjadi perhatian semua pihak, agar memberikan manfaat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan," kata Nova Iriansyah saat membuka acara peringatan HPSN di Takengon, Senin.

Dia berharap melalui peringatan HPSN masyarakat Aceh dapat meningkatkan kepeduliannya dalam menangani persoalan sampah dan tidak membuang sampah sembarangan.

Baca juga: Bupati optimis TPA Kuyun atasi persoalan sampah di Aceh Tengah

Menurutnya sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan pengelolaan sampah secara komprehensif serta dapat menjadikannya sebagai bahan baku ekonomi.

"Kita akui usaha pengolahan sampah membutuhkan modal yang tidak kecil. Namun dengan tekad bersama, pengelolaan sampah dapat dilakukan oleh setiap individu, sehingga tidak semua sampah terbuang percuma dan tidak semua sampah menjadi masalah," ujarnya.

Baca juga: Masalah sampah tidak kunjung selesai. Ini kata Bupati Aceh Tengah

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengatakan bahwa pelaksanaan puncak acara peringatan HPSN di daerah itu merupakan bentuk kepedulian dan dukungan Pemerintah Aceh untuk dapat bersama-sama menangani persoalan sampah di Aceh Tengah dan umumnya Aceh.

"Kiranya kegiatan aksi bersih-bersih dan kampanye peduli sampah ini tidak hanya kita laksanakan pada hari ini saja, namun akan menjadi rutinitas yang kita laksanakan sebagai upaya mengedukasi masyarakat untuk peduli dan membiasakan hidup bersih dan sehat," katanya.
 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021