Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengatakan hingga saat ini pihaknya masih menaruh perhatian serius terhadap penanganan dan pengelolaan sampah di daerah itu.

"Soal penanganan sampah terus menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, mengingat masalah ini tidak kunjung selesai," kata Shabela Abubakar di Takengon, Jumat.

Shabela mengaku persoalan sampah di Aceh Tengah belum tertangani dengan baik. Padahal, berbagai upaya dilakukan menangani persoalan tersebut, khususnya sampah perkotaan. 

"Tahun ini, memasuki tahun keempat pemerintahan Shabela-Firdaus, namun penanganan sampah belum tertangani dengan baik, terutama dalam pengolahan dan pengelolaannya," ujarnya.

Menurut Bupati, pengelolaan sampah harus melibatkan seluruh pemangku kepentingan dan dilakukan secara terintegrasi mulai dari hulu sampai ke proses akhir.

Selain itu juga dengan mengedepankan partisipasi dan kemandirian masyarakat. Serta memberikan dukungan kepada kelompok masyarakat yang berinisiatif mengolah sampah bernilai ekonomis

"Apabila dikelola dengan baik, sampah dapat menjadi sumber ekonomi masyarakat, mulai dari proses daur ulang maupun dari hasil-hasil ikutan lainnya," pungkas Shabela Abubakar.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021