Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada mengatakan klaster budi daya udang vaname di Kabupaten Aceh Timur dapat meningkatkan taraf hidup perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Jika program ini berjalan, tentu akan menghidupkan perekonomian masyarakat, karena tambak yang sebelumnya kurang efektif difungsikan kembali sehingga nantinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Aceh Timur,” kata Irjen Pol Wahyu Widada di Aceh Timur, Kamis. 

Kapolda juga mengapresiasi upaya Bupati Aceh Timur dalam memberdayakan sumber daya alam.

Bupati Aceh Timur Hasballah mengatakan budidaya udang vaname tersebut menindaklanjuti program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), yang akan menjadikan Aceh Timur sebagai daerah produksi udang nasional terintegrasi.

"Pemkab Aceh Timur juga telah mempersiapkan lahan seluas 10 ribu hektare untuk budidaya udang. Pemerintah pusat melalui KKP RI menjadikan Aceh Timur sebagai daerah percontohan budidaya udang vaname nasional," kata Hasballah. 

Usai melakukan peninjuan tambak udang, Kapolda Aceh beserta rombongan melanjutkan kunjungan ke Dayah Bustanul Huda di Desa Alue Cek Doi, Kecamatan Julok.

Kedatangan Kapolda di Dayah Dayah Bustanul Huda disambut Pimpinan dayah Tgk Muhammad Ali (Abu Paya) dengan tradisi peusijuk (tepung tawar). Dalam kunjungan tersebut, Kapolda Aceh juga menyerahkan bantuan sosial.

”Tujuan kami datang adalah untuk dapat tetap menjalin tali silaturahmi dan saling berkomunikasi dalam rangka menjaga situasi kamtibmas di wilayah Aceh khususnya Aceh Timur tetap kondusif," kata Kapolda. 

Kapolda berharap masyarakat membangun negara ini sebagaimana para ulama sebelumnya menjaga negeri ini dan bersama mendidik anak-anak. 

"Mengingat pandemi melanda negeri, tentunya kedisiplinan bersama dalam mematuhi protokol kesehatan merupakan kunci utama. Untuk itu peran kita bersama menyampaikan kepada seluruh umat dan anak didik tetap menjaga kesehatan sesuai protokol kesehatan,” kata Irjen Pol Wahyu Widada. 

Abu Paya Pasi mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Aceh karena telah mengunjungi pondok pesantrennya. 

"Atas nama Keluarga Besar Pesantren Bustanul Huda, kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bapak Kapolda Aceh beserta rombongan yang merupakan suatu kebanggaan bagi kami menerima kunjungan ini," demikian Abu Paya. 
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021