Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) menegaskan total luas lahan yang terbakar di Kabupaten Nagan Raya Aceh hingga Jumat (5/3), malam, telah bertambah mencapai 20,5 hektare.

Sebelumnya pada Kamis (4/3) lalu, luas lahan yang terbakar di daerah tersebut mencapai 17,5 hektare.

“Sebagian lokasi lahan yang terbakar sudah berhasil dipadamkan,” kata Petugas Pusat Pengendalian Data dan Informasi (Pusdatin) BPBA Haslinda Juwita dalam keterangan tertulis diterima ANTARA di Meulaboh, Jumat malam.

Ia merincikan, ada pun sebaran lokasi lahan yang terbakar di Kabupaten Nagan Raya Aceh, kata dia meliputi di Desa Suak Puntong Kecamatan Kuala Pesisir seluas kurang lebih tujuh hektare.

Kemudian di Desa Blang Puuk Kecamatan Beutong Ateuh Banggalang seluas dua hektare.

Sedangkan di Kecamatan Kuala, Kabupaten Nagan Raya meliputi tiga desa yakni Desa Kuta Makmur seluas dua hektare, Desa Blang Baro seluas satu hektare serta di Desa Puloe Ie luas lahan yang terbakar mencapai 8,5 hektare.

“Hanya di Desa Pulo  Ie Kecamatan Kuala yang belum berhasil dipadamkan, sedangkan di lokasi lainnya sudah padam,” tulisnya.

Upaya pemadaman kebakaran lahan di Nagan Raya Aceh, kata dia melibatkan tim gabungan terdiri dari BPBD Nagan Raya, TNI, Polri, Brimbo, masyarakat dan BPBA.

“Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun kejadian ini masih dalam penyelidikan pihak berwajib,” kata Haslinda Juwita.

Upaya pemadaman juga turut menggunakan tiga unit mobil pemadam kebakaran dan  empat unit mesin pompa air, di tambah dukungan dari BPBA berupa mesin pompa karhutla portabel, serta melakukan koordinasi dengan pihak terkait, kata Haslinda Juwita.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021