Gubernur Aceh Nova Iriansyah melepas keberangkatan perdana penumpang Kapal Motor Penumpang (KMP) Aceh Hebat 1 tujuan dari Pelabuhan Calang Aceh Jaya ke Simeulue.

"Alhamdulillah pelayaran resmi perdana ini tingkat keterisian penumpang mencapai 60 persen,” kata Nova Iriansyah di Calang, Aceh Jaya, Selasa.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela melepas pelayaran perdana KMP Aceh Hebat I di Pelabuhan Calang, yang turut dihadiri Bupati Aceh Jaya T Irfan TB dan didampingi Kepala Dinas Perhubungan Aceh Junaidi serta Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto.

Ia menjelaskan untuk pengoperasian KMP Aceh Hebat I tersebut dilaksanakan oleh ASDP sesuai dengan skema perjanjian kerja sama yang telah disepakati.

“Kita berharap pihak operator dapat merawat dengan baik kapal tersebut dan tentu ini juga perlu didukung oleh oleh masyarakat untuk tingkat keterisian penumpang,” katanya.

Nova mengatakan dengan publikasi dan sosialisasi yang dilakukan secara terus menurus terhadap KMP Aceh Hebat I tersebut, jumlah penumpangnya akan mendekati 100 persen.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto menjelaskan Kapal Ferry KMP Aceh Hebat 1 telah melakukan uji sandar ke Pelabuhan Kolok Sinabang pada awal Februari lalu dan saat itu gubernur ikut langsung dalam perjalanan selama 12 jam tersebut.

Kapal Aceh Hebat 1 ini merupakan satu dari tiga kapal Ferry Ro-Ro yang dipesan dari tiga galangan berbeda sejak Oktober 2019 lalu. Dan kapal ini merupakan yang terbesar, karena jarak tempuhnya juga cukup jauh.

KMP Aceh Hebat 1 diperuntukkan mengarungi perairan Aceh yang menghubungkan kawasan Pantai Barat-Selatan Aceh dengan Kabupaten Simeulue.

Beberapa keistimewaan yang dimiliki Kapal Aceh Hebat 1 seperti ukuran yang cukup besar dengan panjang 70 meter dan lebar 15 meter, serta fasilitasnya juga cukup lengkap sehingga mampu menghadirkan sarana transportasi laut yang nyaman bagi masyarakat.

Kapal itu tersebut mampu mengangkut 250 penumpang, dan 33 unit kendaraan campuran.

Pelepasan keberangkatan perdana KMP Aceh Hebat I

 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021