Ketua Umum Barisan Atlet Veteran Tenis Indonesia (Baveti) Aceh Aminullah Usman melantik tiga Pengurus Cabang (Pengcab) Baveti yakni Aceh Tengah, Aceh Utara dan Bireuen. 

"Para pengurus harus dapat merancang program-program untuk memasyarakatkan olahraga tenis," kata Aminullah Usman dalam sambutannya, di Aceh Tengah, Sabtu (13/3). 

Pelantikan ini ditandai dengan penyerahan bendera pataka oleh Aminullah Usman kepada tiga Ketua Baveti Kabupaten yang dilantik. Mereka adalah Arslan Abdul Wahab (Ketua Baveti Aceh Tengah), Al Fathier (Ketua Baveti Aceh Utara) dan Fajri Fauzan (Ketua Baveti Bireun).

Dengan dilantiknya tiga Kepengurusan Pengcab Baveti tersebut, sudah 10 kepengurusan telah dilakukan pelantikan di seluruh Aceh. Sebelumnya telah dilantik kepengurusan Baveti Abdya, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Subulussalam, Nagan Raya, Aceh Barat dan Aceh Jaya.

Kata Aminullah, tenis dan berbagai cabang olahraga lainnya memberi dampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Ia mencontohkan ketika adanya event olahraga digelar dimana ada multiplier effect bagi masyarakat. Pelaku usaha mulai dari yang kecil, menengah dan usaha skala besar merasakan manfaatnya.

"Pedagang makanan dan minuman bisa berjualan, kemudian penginapan, jasa transportasi hingga produk UMKM seperti kerajinan juga laris terjual karena ada tamu yang datang ketika kita menggelar event. Inilah dampak ekonominya. Masyarakat kita juga yang merasakan manfaatnya. Sangat besar dampak ekonominya," ujarnya. 

Selain itu, lanjut Wali Kota Banda Aceh, olahraga juga memiliki manfaat lainnya, terutama dari sisi membangun silaturrahim.

"Seperti malam ini, dengan Baveti kita semua bisa hadir berkumpul disini dan terjalin ukhuwah. Mahal sekali ternilai harganya," katanya.

Aminullah menyebutkan, manfaat dari sektor kesehatan juga ada, dengan berolahraga tubuh akan bugar dan sehat, imun tubuh meningkat. Apalagi di tengah pandemi, meningkatkan imun tubuh sangat penting agar tidak mudah terpapar COVID-19. 

Aminullah berharap, Baveti yang dihuni atlet veteran bisa menginspirasi atlet-atlet muda Aceh untuk berprestasi di level nasional dan bahkan internasional.

 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021