Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sabang mengunjungi Pangkalan Udara (Lanud) Maimun Saleh sebagai upaya mengedukasikan peserta didik untuk lebih mengenal TNI Angkatan Udara khususnya Lanud Maimun Saleh.

Kepala SMP Negeri 1 Sabang Munawar Zainuddin, Kamis, mengatakan kegiatan itu merupakan sekolah lapangan bagi peserta didik yang bertujuan agar peserta didik mengenal profesi TNI AU dan mampu melihat lingkungan secara nyata, sehingga usia menempuhkan pendidikan para peserta didik mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.

“Kenapa kami pilih Lanud, karena di sini ada semacam kebun yang diciptakan oleh Komandan Lanud sendiri. Maka kami belajar banyak, bahwa beginilah kita nantinya kalau sudah selesai sekolah harus beradaptasi dengan lingkungan, dan menciptakan lapangan kerja sendiri, bukan hanya mengharapkan lapangan kerja dari pemerintah,” katanya di Sabang.

Ia menjelaskan selain mempelajari terkait pertanian yang tengah digarap Lanud Mus, peserta didik juga banyak belajar tentang kedirgantaraan.

Komandan Lanud Maimun Saleh Kota Sabang Letkol Pnb Dariyanto mengatakan Lanud MUS akan selalu terbuka bagi siapa pun yang ingin berbagi ilmu dan berkolaborasi dengan pihaknya.

“Kami tadi sengaja membawa adik-adik ini ke kebun Barokah Lanud MUS. Ini salah satu upaya kita untuk menunjukkan bahwa kita ada membuat ketahanan pangan, jadi mereka kita kenalkan,” katanya.

Selanjutnya, saya ingin memasyarakatkan dirgantara, dan mendirgantarakan masyarakat, sehingga kami akan lebih dekat dengan rakyat, ujarnya lagi.

Dia berharap ke depannya SMP Negeri 1 Sabang juga terinspirasi untuk membuat kebun yang serupa. Tentunya Lanud Mus siap membina serta berbagi ilmu dalam bidang tersebut maupun terkait kedirgantaraan.

"Kegiatan ini juga dapat dilakukan oleh sekolah atau komunitas lain di Kota Sabang, sehingga sinergisitas antara Kami dengan masyarakat akan semakin meningkat," katanya.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021