Pemerintah Kota Sabang melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes dan KB) Kota Sabang mulai melakukan penyuntikan vaksin COVID-19 terhadap 162 orang petugas pelayanan publik yang meliputi unsur TNI-Polri serta instansi publik lainnya.

Kepala Dinkes dan KB Sabang Firdian Syah, Senin, mengatakan vaksinasi petugas publik perdana itu dilakukan bertahap mulai dari Kodim 0112/Sabang sebanyak 40 orang, Kompi Senapan C 32 orang, Beacukai 10 orang, Navigasi 10 orang, Lapas Kelas II B Kota Sabang 10 orang, Rumah Sakit AL 40 orang dan Polres Sabang 20 orang.

"Vaksinasi hari ini dilaksanakan di Puskesmas Cot Bau, Puskesmas Paya Seunara dan di Puskesmas Iboih bagi Kompi Senapan C yang berjaga di balik gunung agar memudahkan terkait jarak yang cukup jauh jika dilaksanakan di sini," katanya di Kota Sabang.

Firdian menjelaskan dosis vaksin buatan Sinovac yang diberikan kepada sektor pelayanan publik sudah dipetakan terlebih dahulu guna mengukur kecukupan saat proese vaksinasi.

Dosis vaksin pertama yang diterima untuk sektor petugas pelayanan publik tersebut sekitar 63 vial untuk 630 orang, yang artinya satu vial berisi 10 dosis untuk 10 orang.

"Setelah berjalannya vaksinasi tahap kedua ini, kekurangannya terus kami sampaikan kepada Dinas Kesehatan Aceh untuk ditambahkan, dan Alhamdulillah hari ini akan datang lagi vaksin untuk sektor publik yang masih tersisa," ujarnya

Ia berharap vaksinasi untuk petugas pelayanan publik tersebut dapat berjalan lancar. Kata dia, ditargetkan sebelum bulan suci Ramadhan penyuntikan vaksin tahap kedua tersebut rampung.

Kita harapkan masyarakat semakin yakin dengan penyuntikan vaksin agar terhindar dari penularan virus COVID-19. Kita mengimbau masyarakat untuk sama-sama melindungi diri dengan selalu menerapkan protokol kesehatan, katanya.
 

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021