Sebanyak 13.005 warga dari kalangan fakir miskin yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Aceh Barat mulai mendapatkan penyaluran bantuan sebesar Rp7,6 miliar yang disalurkan melalui Lembaga Baitul Mal kabupaten setempat.

“Bantuan keuangan yang diserahkan ini, sebagai upaya untuk membantu masyarakat menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1422 hijriah,” kata Bupati Aceh Barat Ramli MS di Sungai Mas, Aceh Barat, Selasa.

Didampingi Kepala Baitul Mal Aceh Barat Teungku Bachtiar, Bupati Ramli MS merincikan dari total penerima bantuan keuangan sebesar 13.005 orang, bantuan tersebut dibagi dalam tiga kategori (senif).

Diantaranya untuk masyarakat kategori fakir berjumlah 4.730 orang dengan jumlah uang bantuan yang diterima masing-masing sebesar Rp800 ribu per orang.

Sedangkan untuk masyarakat kategori miskin sebanyak 7.306 orang dengan jumlah bantuan yang diterima sebanyak Rp500 ribu per orang.

Serta petugas Baitul Mal Desa (Gampong) di Kabupaten Aceh Barat berjumlah sebanyak 969 orang dengan bantuan yang diterima sebesar Rp216 ribu per orang.

Ramli MS menyatakan sumber bantuan yang mulai disalurkan kepada masyarakat tersebut bersumber dari Zakat, Infaq dan Shadaqah (ZIS) ini merupakan bantuan keuangan yang dihimpun pada tahun 2020 lalu serta disalurkan pada tahun 2021.

“Bantuan ini ni merupakan rahmat Allah SWT yang patut kita syukuri, kita harapkan untuk tahun depan pengumpulan dana ZIS akan lebih meningkat dari tahun tahun sebelumnya, sehingga dengan dana ZIS ini banyak masyarakat yang membutuhkan dapat terbantu guna meningkatkan ekonomi keluarga," kata Ramli MS menegaskan.

Ia juga mengharapkan dengan adanya penyaluran bantuan tersebut, dapat mendongkrak perekonomian di Kabupaten Aceh Barat, sehingga dapat memenuhi kebutuhan dasar rumah tangga.

“Pergunakan dana ini untuk kebutuhan sehari-hari dan niatnya untuk ibadah,” kata Ramli MS menambahkan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021