Bupati Aceh Barat Haji Ramli MS menegaskan pemerintah daerah dibawah kepemimpinannya sejak tahun 2018 lalu hingga 2021, mengalokasikan beasiswa sebanyak 17 orang tenaga dokter spesialis guna meningkatkan ketersediaan dokter ahli guna melayani kesehatan masyarakat di daerah ini.

“Ada anggaran miliaran rupiah yang kita anggaran setiap tahun untuk menyekolahkan dokter spesialis di Aceh Barat, jumlahnya 17 orang setiap tahun,” kata Ramli MS di Meulaboh, Jumat.

Menurutnya, alokasi dana tersebut dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter spesialis yang berasal dari putera puteri asli daerah.

Sehingga nantinya setiap pusat layanan kesehatan masyarakat di Aceh Barat, terdapat pelayanan dokter spesialis yang dibutuhkan oleh masyarakat, baik di wilayah pedesaan maupun di perkotaan.

Namun yang menjadi kendala, kata dia, selama ini tingkat kelulusan tenaga dokter spesialis untuk putera puteri Aceh Barat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di daerah itu sangat kecil.

Untuk itu, ia meminta kepada Pemerintah Aceh agar membuka ruang untuk kelulusan kepada para dokter asal Aceh Barat, saat mengikuti sejumlah tahapan ujian atau seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Ramli MS juga menegaskan banyaknya alokasi beasiswa untuk tenaga dokter spesialis di Aceh Barat, dimaksudkan agar daerah itu tidak mengalami krisis tenaga dokter ahli/spesialis karena sangat dibutuhkan oleh masyarakat guna mendapatkan layanan kesehatan yang lebih baik dan profesional, katanya menuturkan.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021