Bupati Aceh Timur Hasballah meminta perusahaan perkebunan yang beroperasi di daerah itu untuk menyosialisasikan kebakaran hutan dan lahan atau karhutla. 

“Kepada pihak perusahaan saya minta sosialisasikan kepada para pekerja dan masyarakat agar mereka tahu tidak membakar sembarangan dalam membersihkan lahan,” kata Hasballah di Aceh Timur, Rabu. 

Tak hanya itu, Hasballah yang akrab disapa Rocky menegaskan setiap perusahaan yang areal konsesinya terjadi kebakaran hutan dan lahan turut dimintakan pertanggungjawabannya.

"Perbuatan melawan hukum terkait dengan limbah bahan berbahaya dan beracun atau yang berisiko tinggi yang mengakibatkan pencemaran dan kerusakan lingkungan, tetap mempertanggungjawabakannya untuk membayar ganti kerugian lingkungan tanpa perlu membuktikan unsur kesalahan," kata dia. 

Selain itu, Rocky minta semua pihak harus mencarikan solusi yang permanen untuk mencegah, dan menangani kebakaran dan lahan, untuk tahun yang akan datang, 

“Harus ada upaya kerja sama semua pihak untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, apalagi memasuki musim kemarau, agar kebakaran hutan dan lahan tidak terjadi di Kabupaten Aceh Timur,”demikian Rocky.
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021