Jumlah pasien yang berobat ke poli Rumah Sakti Umum Daerah (RSUD) Teuku Umar Calang kembali normal, meski sebelumnya sempat menurun akibat merebaknya pandemi COVID-19 di Aceh Jaya.

Kepala RSUD Teuku Umar Calang Eka Rahmayuli, Kamis, mengatakan jumlah pasien poli mulai beransur normal kembali sejak Januari 2021 lalu.

“Alhamdulillah, kini jumlah dan juga minat pasien untuk berobat ke poli RSUD Teuku Umar Calang sudah normal kembali dibandingkan tahun 2019 dan 2020 lalu,” kata Eka Rahmayuli.

Ia menjelaskan sebelumnya antusiasme masyarakat untuk berobat menurun karena ada kekhawatiran terhadap penularan virus yang mematikan tersebut.

“Kalau kenaikan total belum juga, karena kan pandemi masih ada di Indonesia, namun sudah mendekati normal, itu juga berkat kita lakukan sejumlah pendekatan,” katanya.

Mereka menerapkan beberapa metode, salah satunya dengan meningkatkan pelayanan dokter kunjungan, yang sebelumnya praktek pada Jumat, namun kini digeser ke Senin.

Selain itu, kata Eka Rahmayuli, fasilitas antrean juga ditingkatkan secara online. Khusus Jumat, pihaknya juga melaksanakan program Jumat berkah dengan menyiapkan makanan bagi pasien yang berobat, namun di pulang saat waktu Jumat.

“Untuk pasien COVID-19, Alhamdulillah sejak Januari 2021 kita sudah tidak ada lagi, namun untuk ruang pinare tetap kita siapkan,” kata Eka Rahmayuli.
 

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021