Bupati Aceh Jaya T Irfan Tb menyatakan pemerintah kabupaten tetap akan melanjutkan program dana Asistensi Lanjut Usia Beresiko Tinggi (Aslureti) tahun 2021, namun penyalurannya masih ditangguhkan hingga akhir Ramadhan 1442 hijriah.

“Aslureti tetap kita salurkan namun tidak sesuai jadwal seperti biasanya. Jika sebelumnya di salurkan sebelum meugang, untuk tahun ini akan disalurkan akhir bulan Ramadhan, dikarenakan adanya refocusing,” katanya di Aceh Jaya, Rabu.

Hal itu ditegaskan bupati menanggapi kekhawatiran lansia di kabupaten setempat yang mempertanyakan komitmen pemerintah terhadap lanjutan salah satu program pro rakyat tersebut.

Ia menyebutkan tim anggaran pemerintah kabupaten Aceh Jaya sedang memperjuangkan agar anggarannya tidak terpangkas, sehingga program Aslureti dapat segera disalurkan.

“Kita tetap mempertahankan program pro rakyat karena merupakan bantuan yang sangat tersentuh bagi warga di Aceh Jaya selama ini,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kabupaten Aceh Jaya Ibnu Abbas menyatakan rencananya pemerintah ingin menyalurkan bantuan itu pada awal Ramadhan, namun karena terkendala anggaran sehingga penyaluran akan dilakukan pada pekan terakhir Ramadhan.

“Dana tersebut tetap akan disalurkan menjelang Idul Fitri nantinya untuk tiga bulan yaitu Januari hingga Maret 2021,” kata Ibnu Abbas.

Menurut dia jumlah lansia Kabupaten Aceh Jaya yang berhak menerima dana Aslureti itu sebanyak 2.877 jiwa, dengan total anggaran Rp1,7 miliar untuk tiga bulan tersebut.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021