Pemerintah Kabupaten Aceh Barat mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah itu agar meningkatkan kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan, terkait bertambahnya jumlah warga di daerah itu yang terinfeksi COVID-19 sejak sepekan terakhir.

“Kami imbau kepada masyarakat agar selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan, termasuk rajin mencuci tangan,” kata Juru Bicara Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Amril Nuthihar di Meulaboh, Kamis, malam.

Penegasan ini disampaikan terkait adanya tiga warga di Aceh Barat yang sudah terinfeksi COVID-19, dengan dua pasien menjalani isolasi mandi dan satu orang pasien dirawat di RSUD Zainoel Abidin di Banda Aceh.

Ada pun identitas pasien yang dirawat tersebut, kata Amril Nuthihar, berinisial HN (58) warga Desa Cot Seumeureung, Kecamatan Samatiga, Kabupaten Aceh Barat.

Sedangkan pasien positif COVID-19 yang menjalani isolasi mandiri masing-masing berinisial IT (17) warga Desa Balee, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, termasuk YN (52) warga Desa Ujong Kalak, Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat.

Guna menekan bertambahnya warga di daerah ini terpapar COVID-19, Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Barat, juga terus meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

Sosialisasi tersebut dilakukan di sejumlah sarana publik yang tersebar di daerah ini, dan terus memberikan edukasi dan imbauan kepada masyarakat agar terus menjaga protokol kesehatan, saat berada di area publik.

“Apabila masyarakat mengalami gejala demam tinggi dan mirip dengan COVID-19, kami imbau agar segera menghubungi petugas kesehatan terdekat guna mendapatkan penanganan medis lebih lanjut,” kata Amril Nuthihar menegaskan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021