Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar menyebutkan masyarakat saat ini mulai abai dalam menjalankan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

"Saat ini banyak masyarakat beranggapan virus corona sudah tidak ada, hingga sedikit sekali yang mau menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan," kata Shabela Abubakar saat memimpin rapat di Opprom Setdakab Aceh Tengah di Takengon, Kamis.

Oleh karena itu, Shabela meminta pihak terkait perlu meningkatkan lagi sosialisasi dan ajakan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap pandemi.

"Jadi kita perlu tingkatkan lagi sosialisasi dan ajakan untuk tetap waspada akan virus ini. Tetap gunakan masker di tempat-tempat ibadah, pasar, maupun fasilitas publik lainnya," kata Shabela Abubakar.

Bupati juga menyampaikan bahwa dalam dua pekan terakhir terjadi peningkatan kasus positif COVID-19 di Aceh Tengah hingga mencapai 23 kasus baru.
 
Untuk itu, Shabela mengintruksikan jajaran terkait agar segera mengaktifkan kembali relawan dan Satgas COVID-19 di tingkat kecamatan dan desa-desa atau kampung.

"Relawan ini efektif dalam melacak dan pembatasan keluar masuk orang, sebagaimana yang telah berhasil dilakukan pada waktu lalu. Di samping itu juga satgas harus terus bekerja karena belum dibubarkan," tutur Shabela.

Sementara, Sekda Kabupaten Aceh Tengah Subhandhy mengatakan pemerintah daerah diminta segera melakukan langkah-langkah dalam rangka mempercepat penanganan COVID-19 di wilayah kerja masing-masing.

"Di antaranya sosialisasi larangan mudik kepada masyarakat, sosialisasi dampak buruk COVID-19, sosialisasi penerapan protokol kesehatan, dan pengaturan serta pengamanan saat Idul Fitri," sebut Subhandhy.
 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021