Puluhan penumpang dan awak angkutan umum antarkota dalam Provinsi Aceh menjalani tes COVID-19 yang digelar secara gratis oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani di Banda Aceh, Selasa, mengatakan pemeriksaan COVID-19 dengan cara tes antigen dipusat di Terminal Lueng Bata, Banda Aceh.

"Ada 46 penumpang dan awak angkutan umum menjalani tes antigen. Mereka dipilih secara acak. Dari hasil pemeriksaan, semuanya dinyatakan nonreaktif," kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Perwira menengah Polri itu menyebutkan tes tersebut sebagai upaya melacak masyarakat yang bepergian apakah ada di antara mereka terpapar COVID-19 atau tidak.

"Jika ada yang terpapar, maka yang bersangkutan tidak diizinkan melakukan perjalanan. Yang bersangkutan dianjurkan menjalani isolasi mandiri," kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Mantan Kapolres Aceh Tengah itu mengatakan tes antigen tersebut akan terus berlangsung hingga lebaran nanti. Selain untuk melacak mereka yang terpapar COVID-19, tes antigen juga untuk memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19.

Kepada masyarakat yang bepergian antarkota dalam Provinsi Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani mengimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan tidak berkerumunan.

"Protokol kesehatan merupakan cara efektif mencegah penularan virus corona yang dikenal dengan sebutan COVID-19. Apalagi pandemi COVID-19 belum berakhir dan masih  berlangsung sekarang," kata Kombes Pol Dicky Sondani.
 

Pewarta: M Haris SA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021