Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengajak para pengusaha yang tergabung dalam Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) untuk berinvestasi di Banda Aceh guna memajukan UMKM di ibu kota provinsi Aceh itu.

"Pemerintah Banda Aceh bakal memberikan kemudahan layanan perizinan jika ISMI mau berinvestasi di kota ini," kata Aminullah Usman, di Banda Aceh, Kamis. 

Aminullah menyampaikan, jumlah UMKM di Banda Aceh saat ini mencapai 15.107 usaha. Sebagai kota perdagangan, pendidikan, budaya dan pariwisata, sektor usaha mikro kecil dan menengah terus berkembang meski sempat melambat karena pandemi COVID-19.

"Meski demikian Pemko Banda Aceh terus bekerja keras membuat UMKM survive dan tetap berdaya di tengah wabah virus corona ini," ujarnya.

Aminullah menyampaikan, Banda Aceh tidak memiliki lahan perkebunan, namun sektor pariwisata menjadi andalan, karena itu dirinya meyakini dunia wisata akan bisa memajukan UMKM.

Kata Aminullah, pemberdayaan UMKM selama ini masih dihadapkan kendala seperti permasalahan kemasan dan pemasaran. Namun, untuk permodalan usaha sudah dapat teratasi melalui Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) PT Mahirah Muamalah yang telah didirikannya.

"Lewat lembaga tersebut, pelaku usaha kecil di Banda Aceh sangat mudah mendapatkan pinjaman modal usaha. Sekarang tinggal masalah kemasan dan pemasaran saja," kata mantan Dirut Bank Aceh itu.

Dalam kesempatan ini, Aminullah meminta Kementerian Koperasi dan UKM bersama ISMI dapat berkolaborasi dengan pemerintah kota untuk berkontribusi mencari solusi kendala kemasan dan pemasaran tersebut.

"Saya berharap Kementerian Koperasi dan UKM bersama ISMI mau berkolaborasi untuk mempromosikan produk unggulan UMKM Banda Aceh ke tingkat nasional hingga manca negara," ujar Aminullah.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021