Capaian vaksinasi terhadap warga lanjut usia (lansia) di Kota Banda Aceh masih jauh dari target sasaran yang telah ditetapkan pemerintah setempat.

"Iya untuk vaksinasi lansia di Banda Aceh belum memenuhi sasaran," kata Kepala Dinas Kesehatan Banda Aceh Lukman, di Banda Aceh, Senin.

Lukman menyebutkan, sasaran vaksinasi lansia untuk Banda Aceh yang telah ditetapkan itu sebanyak 16.134 orang, tetapi sampai hari ini baru dilakukan terhadap 1.378 warga atau 8,5 persen sampai dosis pertama.

"Sedangkan lansia yang sudah mengikuti vaksin dosis kedua dari 1.378 tersebut baru mencapai 848 atau 5,26 persen," ujarnya.

Lukman menyampaikan, proses vaksinasi lansia itu dilakukan secara massal hingga penjemputan menggunakan ambulan oleh tim puskesmas.

Untuk penjemputan, kata Lukman, nantinya ambulan dari setiap puskesmas akan mendatangi rumah lansia, lalu membawa mereka ke posko PPKM untuk dilakukan penyuntikan vaksin.

"Penjemputan itu jalan, kita memiliki 11 ambulan dari 11 puskesmas, kemudian empat bertugas di vaksinasi massal, tujuh lagi menjemput mereka lansia ke rumah dibawa posko PPKM," kata Lukman.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021