Perum Bulog menyiapkan sebanyak 17,6 ton beras untuk persediaan pasar murah yang berlangsung di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah dalam rangka menyambut lebaran Idul Adha 1442 Hijriah.

“Beras yang kita siapkan ini merupakan kualitas premium yang diberikan subsidi Rp3 ribu per kilogram oleh Pemerintah Aceh,” kata Pimpinan Perum Bulog Takengon, Suhadi di Aceh Tengah, Kamis.

Ia menjelaskan pasar murah yang digelar di beberapa titik di Kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah merupakan program kerja sama Bulog dengan Disperindag Aceh dan kabupaten/kota dalam memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang lebaran Idul Adha 1442 Hijriah.

Ada pun persediaan pasar murah untuk ke dua kabupaten tersebut yakni beras 17,6 ton, gula pasir 16 ton, minyak goreng 16 ribu liter dan tepung terigu dua ton.

Ia mengatakan masing-masing komoditas yakni beras, minyak goreng, tepung terigu dan gula pasir mendapat subsidi Rp3 ribu per kilogram dan khusus telur ayam ras  disubsidi Rp250 per butir.

“Artinya harga yang dijual di pasar murah harganya lebih murah dari harga pasar karena mendapat subsidi Rp3 ribu per kilogram dan khusus telur ayam ras disubsidi Rp250 per butir,” katanya.

Ia mengatakan masyarakat sangat antusias untuk membeli berbagai komoditas yang dijual di pasar murah, karena harga yang ditawarkan lebih murah dari harga di pasaran.

 Ia menambahkan, sebagai penyelenggara pasar murah, Perum Bulog tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat seperti mencegah kerumunan dengan membuat jarak, menyediakan tempat cuci tangan dan meminta seluruh pembeli untuk tetap menggunakan masker.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021