Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan nelayan di pesisir pantai barat selatan Aceh mewaspadai gelombang laut tinggi berkisar antara 3,5 meter hingga empat meter hingga dua hari ke depan.

“Kami imbau kepada masyarakat nelayan agar berhati-hati saat melaut karena potensi gelombang tinggi di wilayah pesisir barat selatan Aceh mencapai empat meter,” kata prakirawan Stasiun BMKG Bandar Udara Cut Nyak Dhien Nagan Raya Yoga Alma’ruf di Nagan Raya, Sabtu.

Menurutnya, tingginya gelombang laut di wilayah tersebut disebabkan karena adanya tekanan rendah di Teluk Benggala, India, dan tekanan rendah di sekitar Thailand, sehingga menyebabkan adanya konvergensi (penggabungan tekanan) di wilayah Aceh.

“Tidak hanya bagi nelayan saja, kami imbau bagi aktivitas pelayaran antarpulau di wilayah barat selatan Aceh juga harus mewaspadai potensi gelombang tinggi ini,” kata Yoga Alma’ruf menambahkan.

Selain itu, pihaknya juga memprakirakan sebagian besar wilayah Aceh dimulai dari Kota Banda Aceh sampai ke kawasan barat selatan Aceh juga masih akan terus dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat selama dua hari ke depan.

“Jadi, kami juga melihat adanya potensi angin kencang selama dua hari ke depan. Kami imbau masyarakat yang beraktivitas di luar rumah juga wajib mewaspadai potensi cuaca ekstrem ini,” kata Yoga Alma’ruf.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021