Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Jaya menyatakan permintaan hewan qurban di daerah tersebut meningkat menjelang lebaran hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

“Permintaan hewan qurban meningkat bahkan sejumlah hewan ternak khususnya sapi di kelompok binaan di Aceh Jaya sudah habis terjual,” kata Kabid peternakan dan Kesehatan hewan Dinas Pertanian Aceh Jaya, Dailami di Calang, Rabu.

Ia menjelaskan sapi di kelompok binaan rata-rata sudah laku terjual termasuk juga sapi yang ada di luar kelompok binaan.

Dailami menyebutkan ketersediaan hewan qurban yang terdata di Dinas Pertanian bidang peternakan sebanyak 848 ekor hewan ternak terdiri dari sapi sebanyak 304 ekor, kerbau 170 ekor dan kambing 374 ekor.

Salah seorang petani ternak Aron Manja Rijal Hanafi mengatakan permintaan hewanqurban naik drastis dari beberapa hari sebelumya hanya satu ekor menjadi rata-rata tiga sampai lima ekor per hari

"Ternak yang ada sama kami khususnya sapi telah habis terjual. Semua pembeli tersebut untuk kebutuhan Hari Raya Qurban,” katanya.

Ia mengatakan persediaan di tempatnya telah habis terjual dan terkadang pihaknya tidak bisa memenuhi seluruhnya.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021