Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui Dinas Pertanian menyatakan saat ini telah membina empat kelompok tani setempat guna meningkatkan ekonomi masyarakat di Sektor Agribisnis peternakan milenial.

“Empat kelompok petani ternak tersebut nantinya akan menjadi salah satu contoh bagi peternak sapi lainnya di Aceh Jaya terkait bagaimana cara mengembangkan usaha sapi hingga mendapatkan keuntungan,” kata Kepala Dinas Pertanian Aceh Jaya Reza Fahlevi di Calang, Kamis.

Ia menjelaskan ada sebanyak empat kelompok peternak binaan yang telah berjalan dalam bidang penggemukan sapi dan sudah mulai berkembang.

“Minat dari para masyarakat kita sangat besar dalam beternak, namun minat saja tidak cukup tanpa adanya cara pengelolaan yang baik,” katanya didampingi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dailami.

Menurut dia projek yang dikembangkan sekarang adalah di bidang penggemukan sapi, dengan adanya penggemukan ini nantinya akan adanya daya jual yang meningkat sehingga pendapatan masyarakat juga akan bertambah.

Ia menyebutkan Untuk kelompok ternak di Aceh Jaya saat ini mencapai 70 kelompok ternak namun yang model seperti Aron manja program penggemukan sapi ini baru ada 4 kelompok.

“Kita akan terus mendukung para petani yang ingin berkembang, apalagi dilihat dari agribisnis peternakan penggemukan sapi ini usaha yang sangat menguntungkan,” katanya.

Ia mengatakan saat ini pihak dinas tidak hanya membantu memberikan hewan saja namun juga membantu kebutuhan lainnya seperti vam air untuk penyiraman pakan ternak pada saat musim kemarau dan juga mesin penggiling pakan lainnya.

“Mari kita ubah cara beternak yang baik, jangan hanya dilepas liar pagi dan dikurung saat malam hari, itu tidak akan ada keuntungan,” katanya.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021