Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh menargetkan juara umum Anugerah Pesona Indonesia (API) 2021, karena itu promosi untuk mendapatkan dukungan (voting) dari masyarakat Aceh terus digencarkan.

"Kita menargetkan Aceh menjadi juara umum pada API award 2021, anugerah ini penting sebagai langkah promosi memajukan wisata di Aceh," kata Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin, di Banda Aceh, Jumat.

Jamaluddin meyakini bahwa Aceh bisa meraih juara umum API award tahun ini karena banyaknya destinasi yang masuk dalam nominasi yakni mencapai 12 dari 18 kategori yang diperlombakan.

Baca juga: Duta wisata Sabang 2021 diharapkan mampu bersaing tingkat nasional

Jamaluddin mengatakan, 12 kategori yang masuk nominasi itu menjadi peluang awal yang benar-benar harus manfaatkan. Apalagi dari sejumlah nominasi tersebut tidak ada persaingan antar kabupaten/kota di Aceh.

"Tahun ini destinasi wisata kita yang masuk nominasi API award mencapai 12 kategori dari total 18 kategori, itu diwakili oleh sembilan kabupaten/kota di Aceh, tidak ada nominasi yang sama ini jadi peluang untuk kita kejar juara umum," ujarnya.

Baca juga: Jadi salah satu destinasi wisata, hotel dan lokasi wisata bertambah di Aceh Tengah

Jamaluddin menyampaikan, destinasi wisata Aceh yang masuk dalam nominasi API award 2021 tersebut meliputi keindahan alam, keunikan atraksi budaya, keberagaman tradisi kampung adat, kuliner serta peninggalan sejarah Aceh.

Untuk mencapai juara umum, kata Jamaluddin, maka Pemerintah Aceh bersama pemerintah daerah harus bekerja maksimal melakukan promosi untuk mendapatkan dukungan masyarakat. 

Jamaluddin menyebutkan, kepada masyarakat yang ingin memberikan dukungan cukup mudah, hanya dengan cara memindai barcode yang telah disediakan lewat sebaran brosur, dan kemudian langsung dialihkan otomatis untuk melakukan voting.

Baca juga: Banda Aceh mulai kembangkan wisata bahari Ulee Lheue-Alue Naga

Bukan kepada masyarakat umum, Jamaluddin juga mengimbau seluruh pegawai di provinsi maupun kabupaten/kota juga harus melakukan voting sehingga target juara umum bisa diraih. 

"Kemudian bagi orang yang berkunjung ke lokasi wisata juga kita usahakan untuk melakukan voting, pelaku usaha serta komunitas-komunitas, kita juga perlu partisipasi aktif dari semua pihak," kata Jamaluddin.

Adapun 12 kategori destinasi wisata Aceh yang masuk dalam nominasi API 2021 yakni dari Aceh Tengah ada destinasi pariwisata digital IG@Explore_Gayo dan destinasi belanja Paya Ilang. 

Kemudian, destinasi dari Aceh Singkil ada Cindera Mata Kasab Sulam Emas dan festival Pulau Banyak. Lalu, asal Aceh Selatan ada destinasi kreatif Anjungan Tapak Tuan Tapa dan dataran tinggi Sigantang Sira. 

Selanjutnya, destinasi dari Kabupaten Aceh Barat ada minuman tradisional kopi khop, Bener Meriah dengan destinasi unik kopi seladang, dari Kota Subulussalam ada air terjun Silelangit.

Lalu, Brand Charming pariwisata Banda Aceh, ekowisata Ujung Tamiang dari Aceh Tamiang dan terakhir destinasi surga tersembunyi Gua Sarang Kota Sabang.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021