Pemerintah Kabupaten Aceh Barat melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispora) melatih masyarakat kelompok sadar wisata, guna meningkatkan wisata di daerah ini di tengah pandemi COVID-19.

“Kelompok sadar wisata akan ikut berpartisipasi aktif dalam memelihara dan melestarikan berbagai obyek wisata di Aceh Barat, guna meningkatkan pembangunan kepariwisataan daerah,” kata Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Aceh Barat, Husaini di Meulaboh, Sabtu.

Ia mengatakan, kelompok sadar wisata merupakan kelompok swadaya dan swakarsa yang tumbuh atas inisiatif masyarakat, yang bertujuan meningkatkan pengembangan pariwisata daerah dan menyukseskan pembangunan pariwisata nasional.

Menurutnya, pariwisata adalah salah satu sektor andalan yang mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat, sehingga diharapkan akan berdampak positif pada pendapatan daerah yang meningkat. 

Hal ini selaras dengan visi misi Pemkab Aceh Barat dalam mengembangkan dan melestarikan objek wisata spiritual, seni, budaya, adat istiadat, serta olahraga sesuai dengan potensi kedaerahan, katanya

“Oleh karena itu, perlu adanya dukungan serta partisipasi aktif dari seluruh pemangku kepentingan mulai dari pemerintah daerah, swasta, dan masyarakat,” kata Husaini menambahkan.

Pemerintah Kabupaten Aceh Barat juga berharap pelatihan kelompok sadar wisata tersebut dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan dalam membina kelompok sadar wisata di Kabupaten Aceh Barat. 

“Penggiat pariwisata harus mampu berkembang dengan inovasi, serta kreatifitas demi meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di sektor pariwisata,” katanya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021