Sekretaris Daerah Aceh Taqwallah mengingatkan penyerahan SK Kenaikan pangkat dan SK pensiun ASN se-Aceh tahun 2020 dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat mengingat masih tingginya penyebaran COVID-19 di Aceh. 

"Penyerahan SK akan kita lakukan di tempat terbuka dan dibuat bertahap sehingga tidak terjadi keramaian," kata Taqwallah di Banda Aceh, Senin.

Ia menjelaskan syarat untuk menerima SK adalah para PNS harus sudah menjalani vaksinasi COVID-19, minimal tahap pertama. 

Kemudian bagi PNS yang belum divaksin harus menunjukkan keterangan dokter yang menyebutkan yang bersangkutan memang tidak bisa divaksin dengan alasan medis tertentu. 

Selain itu, Sekda juga menyebutkan jika ada PNS yang sedang melakukan isolasi mandiri terkait COVID-19 sehingga tidak bisa hadir saat penyerahan SK, yang bersangkutan bisa memberikan kuasa kepada atasan langsung. 

Taqwallah mengakui penyerahan SK kenaikan pangkat dan SK pensiun tahun ini lebih rumit lantaran masih dalam pandemi COVID-19. 

Pihaknya juga tetap akan menunaikan kewajiban menyerahkan SK para PNS karena hal itu merupakan hak setiap PNS. 

"Walaupun pekerjaannya akan lebih sulit namun hak para PNS tetap wajib ditunaikan," kata Taqwallah.

Taqwallah menjelaskan, penyerahan SK akan dimulai Rabu 1 September 2021 di komplek Kantor Gubernur Aceh. Di sana akan diserahkan SK untuk PNS di lingkup Pemerintah Aceh, Banda Aceh, Aceh Besar dan Sabang. 

Selanjutnya penyerahan SK akan dilanjutkan dengan mengantar SK ke seluruh kabupaten/kota lainnya yang dilakukan secara marathon. 

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh Muhammad Iswanto mengatakan penyerahan SK kenaikan pangkat dan pensiun PNS adalah bagian dari reformasi birokrasi yang dilakukan Pemerintah Aceh dibawah kepemimpinan Gubernur Nova Iriansyah. 

“Apa yang dilakukan pak Sekda ini merupakan reformasi birokrasi untuk efisiensi waktu dan mempermudah para ASN agar tidak perlu datang ke Banda Aceh. Selain itu, SK yang diterima juga sangat tepat waktu, bahkan sebelum tanggal SK tersebut berlaku pada 1 Oktober nanti,” kata Iswanto. 

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021