Kementerian Sosial (Kemensos) RI bersama PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mempercepat penyaluran bantuan sosial (bansos) program keluarga harapan (PKH) di Provinsi Aceh. 

Direktur Retail Banking BSI Kokok Alun Akbar dalam keterangan tertulis di Banda Aceh, Kamis, mengatakan penyaluran bantuan sosial sembako dan PKH di Aceh oleh Kemensos melalui BSI lebih dari Rp200 miliar hingga akhir Agustus 2021. 

"Kami akan mempercepat proses penyaluran bantuan sosial ini agar pada akhir September 2021, seluruh keluarga penerima manfaat dapat menerima," kata Kokok Alun Akbar.

Kokok Alun Akbar mengatakan untuk penyaluran bansos sembako hingga Agustus 2021 mencapai Rp179 miliar atau 95,05 persen dari target penyaluran. 

Seluruh bansos sembako diharapkan dapat tersalurkan kepada 324.299 keluarga penerima manfaat (KPM) pada September 2021 melalui 125 kantor cabang BSI di Provinsi Aceh.

Sementara untuk bansos PKH sampai akhir Agustus 2021 telah tersalurkan kepada 70.932 KPM dari target 220.765 KPM. 
    
Kokok Alun Akbar mengatakan dukungan terhadap program bantuan Kemensos merupakan upaya BSI menyukseskan program pemerintah dalam memberikan bantuan kepada masyarakat Aceh yang terdampak secara ekonomi karena Pandemi.

Program keluarga harapan (PKH) merupakan bantuan sosial yang dilakukan nontunai melalui bank penyalur ke rekening atas nama KPM. Bansos PKH ini diberikan per tiga bulan disesuaikan dengan kriteria yang telah ditentukan.  

Bantuan ini dapat digunakan untuk membeli makanan bergizi, perlengkapan dan transpor ke sekolah, modal usaha dan transpor untuk mengunjungi fasilitas kesehatan.

Sedangkan bansos sembako adalah pemberian bantuan sebesar Rp200 ribu per bulan kepada masing-masing KPM, di mana penerima wajib  membelanjakan untuk membeli bahan pangan terdiri karbohidrat, protein hewani, nabati, vitamin dan mineral.

Bantuan sosial nontunai disalurkan melalui kartu keluarga sejahtera (KKS). Kartu ini memiliki beberapa fitur di antaranya tidak adanya saldo minimal dan limit, tanpa biaya pengendapan, biaya administrasi bulanan, biaya penutupan rekening dan biaya ganti buku.

"Kami bersyukur dapat ikut berperan mendukung Pemerintah dalam memberikan manfaat yang luar biasa untuk masyarakat. Mudah-mudahan bantuan yang telah tersalurkan dapat membantu masyarakat terdampak, dalam melewati pandemi," ujar Kokok.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021