Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Aceh menyatakan akan mengikutsertakan 13 UMKM binaan bank central tersebut di Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI).

“Insya Allah ada belasan UMKM binaan kita, yang akan ikut serta dalam Gernas BBI yang akan berlangsung di Banda Aceh,” kata Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh, Achris Sarwani di Banda Aceh, Senin.

Ada pun 13 UMKM yang ikut serta pada Rabu (8/9) di Anjong Mon Mata Banda Aceh yakni enam UMKM kopi, tiga UMKM  ikan, empat UMKM fashion dan satu UMKM kerajinan.

Ia menjelaskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang telah diluncurkan dua tahun lalu itu dalam upaya meningkatkan level usaha menjadi unggulan dan kebanggaan bangsa.

“Kegiatan ini juga akan menampilkan UMKM binaan perbankan lainnya, Dekranasda dan juga Kementerian Kelautan dan Perikanan,” kata Achris.

Ia mengatakan kegiatan yang dihadiri langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono juga akan meluncurkan Ragam Aceh, Istimewanya Aroma dan Kuliner Aceh”.

Kegiatan tersebut akan diisi dengan Masterclass Ikan vs Kopi, Battle Chef Ikan vs Barista Kopi, Mini Expo UMKM Ikan vs Kopi, Seremoni Peluncuran, Entertainment dan Jelajah Aceh Ikan vs Kopi.

“Bank Indonesia berkomitmen untuk mendukung Gernas BBI BWI serta mendorong percepatan pemulihan ekonomi yang diwujudkan melalui sinergi dengan kementerian dan pemerintah daerah terkait peningkatan kapasitas UMKM, peningkatan akses pasar, akses pembiayaan dan akselerasi transformasi digital UMKM,” katanya.

Ia menambahkan dukungan tersebut juga diperkuat melalui peran serta Kantor Perwakilan Dalam Negeri Bank Indonesia khusunya dalam rangka acara Ragam Aceh yang berkolaborasi dengan Kementiran Kelautan dan Perikanan, Pemerintah Aceh, BTN sebagai top brend dan turut didukung BSI dan Bank Aceh Syariah.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021