Blangpidie (ANTARA Aceh) - Dua personel Sat Lantas Polres Kabupaten Aceh Barat Daya, mengimbau para penguna jalan untuk tertib berlalu lintas dengan cara yang unik, yakni dengan cara berpakaian badut.

Selain itu, dua petugas yang diketahui bernama Briptu M. Iqbal dan Bribtu Zoelkifli ini juga sambil membawa papan kecil bertulisan "Saya pelopor keselamatan berlalu lintas".

Didampingi sejumlah petugas lainnya, dua polisi tersebut bergerak mulai dari pusat Kota Blangpidie, berjalan kaki menyisir jalan perdagangan menuju jalan Selamat hingga ke persimpangan tugu Bank Aceh.

Masyarakat yang menyaksikan antraksi unik pun membuat tertawa. Sebab sebelumnya di Kabupaten Abdya, belum pernah ada anggota polisi yang mengigatkan pengguna jalan dengan cara berpakaian badut.

Dalam perjalanan kaki tersebut, badut Shaha dan Beruang melambai-lambaikan tangan kepada para sopir dan masyarakat yang berada di sepanjang jalan menyaksikan antraksi yang di anggap langka.

Dengan mengunakan alat pengeras suara, seorang Polwan meminta kepada seluruh masyarakat khususnya pengunan jalan agar tertib dan patuh dalam berlalu lintas serta mengajak pengendara wajib mengunakan helm SNI.

Kasat Lantas, Polres Abdya, AKP Imam Syafi’i di Blangpidie mengatakan, operasi simpatik yang dilakukan sampai dengan tanggal 21 April itu khusus untuk menghibau agar masyarakat penguna jalan patuh berlalu lintas .

"Dalam operasi ini 35 personel satlantas kita libatkan dengan tugas masing-masing. Ada yang jadi badut, patroli dan ada yang memberi penyuluhan," katanya.

Dengan adanya acara semacam ini, diharapkan masyarakat khususnya pengguna jalan agar mendapatkan kesadarannya dalam berlalu lintas. Apalagi, selama tahun 2015 ini tingkat laka lantas cukup lumayan tinggi, demikian harapan Kasat Lantas Abdya.

Pewarta: Pewarta Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015