Blangpidie (ANTARA Aceh) - Tim pengerak PKK Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya),  bekerjasama dengan Dinas kelautan dan Perikanan (DKP) serta Badan Pelaksana Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) wilayah setempat, mengelar lomba  cipta menu Beragam, Bergizi Seimbang  dan Aman (B2SA), serta lomba masak serba ikan.

Kegiatan yang diikuti tim PKK dari 9 Kecamatan itu dipusatkan di halaman gedung PKK Abdya, Senin (27/04). Dihadiri Ketua PKK Abdya Ny Yenni Elviza, Asisten I Hanafiah, Asisten II Amrizal, Kepala Dinas DKP Muslem Hasan, kepala BP4K Ruslan Adlin dan seluruh tim PKK Kabupaten dan Kecamatan yang ada dalam wilayah itu.

Ketua PKK Abdya, Ny Yenni Elviza mengatakan, kegiatan ini dilakukan setiap tahun dalam rangka memilih peserta yang nantinya diikut sertakan pada perlombaan tingkat provinsi Aceh. “Lomba ini kita lakukan juga untuk meningkatkan kreatifitas kader PKK  yang ada di setiap Kecamatan dalam mengelola pangan lokal,” katanya

Dia mengharapkan, dengan digelarnya lomba masak serba ikan ini, tim PKK yang ada di Kecamatan agar mampu meningkatkan daya kreasi menu bernutrisi dan bergizi untuk diberikan kepada anak-anak yang merupakan generasi penerus bangsa.

“Lomba memasak ini sudah sangat bagus di Abdya, bila kita bandingkan dengan sebelumnya. Tahun ini tim PKK  sudah mampu menciptakan menu yang “unik”  tetapi kaya nutrisi seperti manisan kates dari Lembah Sabil. Menu ini merupakan menu favorit untuk cuci mulut dan bisa di andalkan di tingkat provinsi nanti,” tuturnya.

Bupati Abdya diwakili Asisten I setdakab, Hanafiah , dalam pembukaannya menyambut baik dan megapreasi acara perlombaan yang sangat bermamfaat dalam upaya meningkatkan pengetahuan serta ketrampilan dalam rangka mengugah hati masyarakat, terutama kaum perempuan agar dapat merubah pola kosumsi pangan menuju pola makan sehat yang beragam, bergizi, seimbang.

“Lomba ini memiliki arti penting dalam meningkatkan peran serta tim PKK agar bisa lebih kreatif menciptakan menu berbahan ian yang asupan gizi dan proteinnya sangat berguna bagi kesehatan keluarga,” katanya.

Kadis DKP Abdya, Muslim Hasan mengatakan, untuk mendukung pelaksana kegiatan lomba masak ikan beragam. Dinas DKP akan berusaha meningkatkan anggaran setiap tahun. “ Lomba ini kita lakukan sebagai sarana meyakinkan masyarakat. Kepada tim PKK khususnya pokja III selaku koodinator pelaksana untuk terus berusaha meningkatkan kualitas pelaksanaan lomba ini,” katanya

Sementara itu kepala BP4K Abdya, Ruslan Adli menyebutkan, berdasarkan evaluasi yang dilakukan pihaknya dari tahun ke tahun, ditemui ketidak seimbangan komsumsi beras, sayur, lemak dan protein hewani lainnya. Hal itu, sambungnya tercermin dari masih tingginya kosumsi beras dibandingkan sayur dan protein hewani.

“Saat ini kami terus berusaha mensosialisasikan ke masyarakat untuk meningkatkan percepatan penganekaragaman kosumsi pangan, dengan cara mengajak masyarakat untuk menanam jenis tanaman sayuran yang bermamfaat di perkarangan rumah. Agar kaum ibu mudah menyiapkan menu yang seimbang,” katanya.

Pewarta: Pewarta : Suprian

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015