BNN Provinsi Aceh menggandeng Balai Latihan Kerja (BLK) Banda Aceh dalam upaya meningkatkan kompetensi klien rehabilitasi korban penyalahgunaan narkoba.

BNN Aceh Brigjen Pol Heru Pranoto di Aceh Besar, Senin, mengatakan dengan pembekalan ini diharapkan klien mampu mandiri setelah menjalani rehabilitasi.

“Adapun tujuan yang diharapkan dari pelatihan ini dapat mengembangkan kompetensi kerja tingkat keterampilan dan keahlian sesuai dengan jenjang dan kualifikasi pekerjaan dan nantinya mampu untuk mandiri,” jelas Kepala BNN Aceh Brigjen Pol Heru Pranoto.

Pernyataan itu tertulis itu disampaikan Brigjen Pol Heru Pranoto dibacakan Kepala BNNK Banda Aceh Hasnanda Putra pada pembukaan pelatihan berbasis kompetensi di Gedung Serba Guna BLK Banda Aceh.

Pelatihan dan pembekalan tersebut diberikan kepada klien IBM Sayang Aneuk Nanggroe Gampong Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar.

Kerja sama BNN Provinsi Aceh dengan BLK Banda Aceh ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS). Kerja sama tersebut wujud keseriusan BNN Aceh dalam membina IBM Sayang Aneuk Nanggroe.

Brigjen Pol Heru Pranoto mengatakan dengan diadakannya pelatihan ini dapat membekali keterampilan dan keahlian dalam bekerja dan kita harapkan dapat mencegah peredaran narkoba pada usia produktif.

"Upaya nyata perlu dilakukan untuk membantu generasi muda agar terhindar dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, di antaranya dengan pelatihan ini," kata Brigjen Heru Pranoto.

Kepala BLK Banda Aceh Rahmad Faisal mengatakan pelatihan yang dilaksanakan berupa menjahit, bengkel dan listrik, diikuti 44 orang  peserta 12 orang diantaranya merupakan klien IBM Sayang Aneuk Nanggroe yang merupakan Binaan Bidang Rehabilitasi BNNP Aceh. 

"Pelatihan ini dilakukan dengan metode pelatihan belajar terstruktur, belajar mandiri dan belajar kelompok. Dari pelatihan ini diharapkan para peserta memiliki ketrampilan serta bisa membuka lapangan pekerjaan," kata Rahmat Faisal.

Pembukaan pelatihan tersebut turut dihadiri perwakilan Baitul Mal Banda Aceh, Koordinator Rehabilitasi BNNP Aceh Sayuti dan Subkoordinator Rehabilitasi BNNP Aceh Saiful dan Deny Fahrian Murfadli.
 

Pewarta: Muhammad HSA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021