Gubernur Aceh Nova Iriansyah mengajak kader PKK hingga tingkat gampong berperan aktif membantu program-program pembangunan pemerintah, khususnya dalam penyelenggaraan vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat agar pandemi segera berlalu.

“Kita berharap TP PKK melalui jaringan yang tersebar di gampong-gampong, dapat menjadi garda terdepan dalam menyosialisasikan vaksinasi sehingga pandemi COVID-19,” kata dia dalam sambutan tertulis dibacakan Asisten Pemerintahan dan Keistimewaan Sekda Aceh M Jafar di Banda Aceh, Kamis.

Saat membuka Rapat Kerja Daerah Ke-9 Tim Penggerak PKK se-Aceh pada 2021, ia menjelaskan ancaman pandemi merupakan hal serius yang tidak bisa dianggap sepele, walaupun sudah terjadi penurunan tren kasus yang signifikan.

Menurut dia, kewaspadaan tetap harus digencarkan, sebab gelombang ketiga serangan COVID-19 bisa saja terjadi.

“Tentu kita tidak ingin seperti negara tetangga kita, Singapura dan Malaysia justru tengah mengalami serangan gelombang ke tiga,” katanya.

Ia mengatakan sebagai organisasi yang punya legitimasi kuat dari perundang-undangan, keberadaan PKK harus lebih membumi dalam masyarakat, sehingga PKK akan lebih peka terhadap berbagai permasalahan di tingkat keluarga, khususnya di desa atau gampong.

Pihaknya mengapresiasi semangat TP PKK yang telah menyukseskan berbagai program pemerintah, khususnya dalam menanggulangi ancaman pandemi COVID-19.

Ketua Tim Penggerak PKK Aceh Dyah Erti Idawati mengatakan sejak awal pandemi hingga sekarang, peran dan tugas PKK yang paling utama adalah ikut membantu pemerintah dalam menangani penanggulangan COVID-19.

Selain itu, PKK rutin melakukan sosialisasi 3M dan protokol kesehatan, serta mengajak masyarakat termasuk para lansia agar mau divaksin.

Vaksin merupakan salah satu upaya paling efektif untuk mencapai kekebalan kelompok.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021