Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem, Selasa, mengatakan pihaknya mulai mempersiapkan pelaksanaan Pemilu Serentak pada Tahun 2024.

Dia mengatakan KPU telah membahas persiapan tersebut dengan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie sejak awal, karena banyak hal yang harus dilakukan untuk menyambut pesta demokrasi tersebut.

Ia menjelaskan secara regulasi pelaksanaan pemilu setentak 2024 belum mengalami perubahan dan masih akan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

“Belum ada otoritas manapun yang mengatakan kapan pandemi ini berakhir, jadi otomatis skema pemilu kemungkinan masih sama seperti tahun 2020,” tukasnya di Gorontalo.

Ia menambahkan, pelaksanaan pemilu di Provinsi Gorontalo membutuhkan persiapan lebih panjang jika wacana Daerah Otonom Baru (DOB) direalisasikan.

Adanya DOB secara otomatis akan mengubah data dan lokasi pemilih, sehingga KPU perlu mengantisipasi sejak awal.

“Jika misalnya ada kabupaten atau kota baru yang disahkan sebelum pemilu 2024, maka kami harus melakukan persiapan teknis,” imbuhnya.

Sementara itu Gubernur GorontaloRusli Habibie meminta KPU mempersiapkan dengan maksimal pelaksanaan pemilu 2024, mengingat masa jabatannya akan segera berakhir pada Mei 2022.

Ia berharap KPU tetap menjadi lembaga independen dan konsen pada penguatan masyarakat dalam menghadapi pemilu.

“Penting untuk menerapkan koordinasi dan menjalin sinergi dengan semua pihak, agar pelaksanaan pemilu di Gorontalo lancar seperti yang sudah-sudah,” tambahnya.

Pewarta: Debby H. Mano

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021