Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Aceh Timur menyatakan 387 pasien COVID-19 di daerah itu telah sembuh, sementara 52 lainnya meninggal dunia. 

“Warga yang dinyatakan sembuh tersebut telah mendapatkan berbagai perawatan medis baik di rumah sakit di kabupaten maupun di provinsi,” kata Juru bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Aceh Timur Edy Gunawan di Aceh Timur, Senin.

Edy Gunawan mengatakan sementara untuk pasien yang meninggal dunia akibat COVID-19 itu rata-rata memiliki riwayat penyakit penyerta atau komorbid dan hampir semuanya belum ada yang divaksinasi. 

“Dan kini ke-52 pasien yang meninggal itu juga sudah dimakamkan sesuai dengan protokol kesehatan,”kata Edy Gunawan. 

Saat ini, kata Edy Gunawan, jumlah pasien yang masih dalam perawatan di sejumlah rumah sakit ada tiga orang. Rinciannya, satu dirawat di RSUD Zubir Mahmud Aceh Timur, satu di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh dan satu di RSUD Langsa.

"Ketiganya berinisial SA (63) warga Idi Timur, DK (50) Indra Makmur dan RA (41) warga Julok, Aceh Timur," kata Edy Gunawan menyebutkan.

Berdasarkan data sejak awal pandemi, pihaknya juga mencatat bahwa 209 orang dalam pemantauan (ODP) telah sembuh dan tiga meninggal dunia, sementara pasien dalam pengawasan (PDP) yang sembuh ada 106  sembuh, 13 meninggal dunia. 
 
Edy Gunawan mengingatkan masyarakat yang sembuh dari serangan wabah COVID-19 tetap menjaga protokol kesehatan, seperti menghindari kerumunan, menjaga jarak, memakai masker dan menjaga imunitas tubuh.

“Kami harap tetap disiplin dalam prokes, serta terus melakukan vaksinasi COVID-19 guna mencegah penyebaran wabah virus itu, ” demikian Edy Gunawan. 
 

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021