Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Utara menyatakan sudah menyiapkan sejumlah langkah antisipasi kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi di wilayah tersebut.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten  Aceh Utara Murzani di Lhokseumawe, Selasa, mengatakan persiapan tersebut dilakukan menyusul wilayah Kabupaten Aceh Utara memasuki musim penghujan.

"Persiapan meliputi sumber daya manusia atau petugas serta peralatan untuk dipergunakan apabila terjadi bencana alam baik banjir maupun longsor di daerah rawan," kata Murzani.

Selain itu, kata Murzani, pihaknya juga sudah berkoordinasi dan mengintruksikan para camat dan kepala desa untuk siap siaga menghadapi segala kemungkinan potensi bencana alam saat musim penghujan. 

Untuk ketersediaan logistik penanggulangan bencana, kata Murzani, pihaknya juga masih memiliki persediaan logistik untuk kebutuhan dasar saat terjadinya bencana.

"Persediaan logistik untuk kebutuhan dasar masih tersedia di gudang, namun kami terus berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menanggulangi jika persediaan kurang," kata Murzani. 

Menurut Murzani, Kabupaten Aceh Utara terdapat 19 kecamatan dari 27 kecamatan yang berpotensi terjadi bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor, saat musim penghujan. 

Kecamatan paling rawan terjadi banjir, kata Murzani,  meliputi Kecamatan Matang Kuli, Kecamatan Pirak Timu, Kecamatan Geureudong Pase, Kecamatan Samudera, Kecamatan Tanah Luas, dan Kecamatan Syamtalira Arun. 

Sedangkan kecamatan rawan bencana longsor, kata Murzani, yakni Kecamatan Sawang, Kecamatan Nisam, serta Kecamatan Langkahan dan sekitarnya. 

"Bencana alam yang paling rawan terjadi saat musim penghujan di Aceh Utara lebih dominan banjir. Sedangkan bencana longsor masih dalam skala ringan," kata Murzani.

Murzani mengimbau semua pihak termasuk masyarakat agar memperhatikan lingkungannya masing-masing dan terus waspada terhadap potensi bencana alam, mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan.

"Saya mengajak masyarakat untuk tetap berhati-hati terhadap perubahan cuaca. Apabila terjadi bencana diharapkan untuk segera berkoordinasi dengan dengan pihak terkait," kata Murzani. 
 

Pewarta: Dedy Syahputra

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021